Kalau bicara tentang kota Batu tidak ada habisnya yang namanya wisata alam, dengan letak kota batu yang berada di dataran tinggi kota batu menyimpan banyak sekali wisata alam yang masih jarang diketahui oleh masyarakat luas mulai dari gunung, air terjun, sungai dan lembah, dapat kita temui di kota ini. Kota yang berhawa sejuk ini sangat banyak menyita pandangan masyarakat luar malang raya karena terpaku dengan keindahan kotanya yang tidak ada kembarannya dari kota lain yang ada di indonesia. Pada kesempatan ini kami akan membahas wisata alam yang ada di kota batu.

1. Coban Talun

sumber: http://ngadem.com

Coban talun ini merupakan air terjun yang berada di lereng gunung arjuno. Bertempat di desa junggo talun, kecamatan bumiaji, kota batu. Dengan ketinggian air terjuannya yang mencapai 50 meter menyebabkan air terjun ini tergolong air terjun yang deras, selain air terjun di coban talun juga terdapat wahana baru Sama seperti Pagupon Camp, Apache Camp juga berada di kawasan Coban Talun. lokasinya bersebelahan dengan Pagupon Camp. Spot ini menawarkan tempat penginapan  ala Indian. Benar-benat unik dan pastinya tidak membosankan. Buat kamu yang ingin merasakan sensai menginap yang beda dari yang lain, kamu bisa datang ke esini. Harganya pun relatif terjangkau. Spot yang satu ini juga cocok untuk kamu yang ingin berbulan madu.untuk akses menuju coban talun cukup baik bila kamu ingin kesana cukup dengan mengikuti jalan arah cangar nanti akan terlihat papan nama arah coban talun .

2.  Kaliwatu Rafting

Selain wisata air terjun, salah satu wisata terkenal di kota Batu yakni wisata sungai. Dengan memanfaatkan aliran sungai brantas yang bersumber di desa sumber brantas ini dimanfaatkan oleh pengelola tertentu sebagai oleh raga maupun wisata rafting /arungjeram. Kaliwatu rafting bertempat di desa pandanrejo, kecamatan bumiaji, kota Batu. Wisata rafting ini memiliki beban yang sangat menantang bagi siapa saja, pada permainan rafting dimainkan secara berkelompok dengan setiap perahu karet diisi oleh 5 orang. Di kaliwatu rafting memiliki arus jeram yang berbagai macam mulai dari yang kecil sampai yang mendebarkan jantung dengan jeram disini rata – rata berkedalaman 4 meter. Dengan menempuh jarak sekitar 3 km, kamu akan menikmati keindahan pemandangan di sepanjang perjalanan rafting dan dijamin perjalanan rafting kamu membuat terkesan.

3. Coban Rais

sumber: ttps://i.ytimg.com

Masih dalam wisata air terjun kini kita berpindah ke arah sebelah barat kota batu. Kita akan mengulas tentang keindahan coban rais yang berada di desa oro – oro ombo, kecamatan junrejo, Kota Batu. Letak dari coban rais ini sedikit terpencil yang terletak di antara semak belukar dan hutan rimba yang membelah bukit di gunung panderman. Lokasi coban rais belakangan ini banyak dicari para kawula muda terutama setelah dibangun batu flower garden dan bukit bulu yang terletak diatasnya. Seperti wisata lainya, tempatnya yang instagramable membuat wisata ini viral di media sosial. Tak heran jika yang datang kesini kebanyakan adalah anak muda yang mencari spot foto menarik di malang.

Jarak dari tempat parkir ke air terjun cukup jauh kamu harus menyusuri sungai di sepanjang jalan dengan perjalanan sekitar 1 jam, di sepanjang perjalanan kamu akan tidak terasa capek karena pemandangan di kanan kiri sangatlah indah setelah sekian lama perjalanan kamu akan sampai di sebuah air terjun yang tersembunyi di sebuah hutan belantara dengan ketinggian sekitar 20 meter dengan udara yang sejuk kamu akan terasa betah berada di sa