Jika kita akan mendaki, memang sangat senang sekali karena kita akan berbaur langsung dengan alam yang pastinya menuntut kita untuk kompak, patuh, dan pantang menyerah. Di sisi lain kita akan mendapatkan pengalaman yang unik jika kita mendaki dengan tertib, tenang, tidak egois dan saling tolong – menolong. Kali ini kita akan membahas tentang apa saja tips yang harus kita penuhi atau ikuti di saat pendakian akan dimulai :

 

 

 

 

1.  Surat Izin Mendaki

Tentu sebelum mendaki kita akan sampai di pos dimana kita akan mendapat pengarahan dan perizinan untuk mendaki, kita tentu harus mengurus izin mendaki terlebih dahulu agar penjaga bisa mengontrol keselamatan kita bila terjadi apa – apa saat pendakian di mulai. Jadi jika ingin mendaki maka jangan asal mendaki, urusklah izin terlebih daulu, lebih – lebih agar tau jika badan kita kuat atau belum kuat untuk mendaki gunung.

 

 

2. Berdoa Sebelum Mendaki

Sebelum, sesaat, atau sesudah mendaki pasti tidak lupa kita berdoa untuk keselamatan diri dan kelancaran mendaki. Berdoa sebelum mendaki bisa dilakukan bersama – sama atau individu, tujuan berdoa agar selama di perjalanan kita terhindar dari hal – hal yang tidak kita inginkan, di beri kelancaran, dan mendapat kepuasan mendaki. Dengan berdoa kita akan bisa menikmati perjalanan mendaki tanpa mempunyai prasangka buruk. Jangan lupa berdoa ya, kapanpun, dimanapun, dan akan melakukan apapun.

 

3. Ikuti Prosedur / Safety First

Sebelum mendaki biasanya kita akan mendapatkan arahan dari crew / petugas yang biasa berjaga di pintu masuk / loket basecamp pendakian, petugas biasanya akan mencatat nama, no hp perwakilan dan mengecek barang bawaan. Tujuannya agar selama pendakian petugas bisa mengontrol pengunjung bila terjadi sakit, hilang, ataupun terpisah dari rombongan. Ikuti arahan rombongan, jangan egois, dan tetap kompak untuk meriaih keindahan yang pasti kita capai bila kita mengikutinya dengan senang hati dan percaya diri.

 

4. Aklimatisasi / Penyesuaian Iklim

Sesaat Sebelum mendaki pastinya kita butuh aklimatisasi atau penyesuaian iklim, khususnya bagi kita yang biasa tinggal di iklim yang lumayan panas ataupun sangat panas, iklim di gunung berbeda dengan iklim daerah kalian, di gunung memiliki iklim yang dingin dan suhu bisa sampai 13 derajat. Karena itu kita harus menyesuaikan iklim sebelum mendaki dengan menginap di tenda yang sudah kita persiapkan . ataupun santai sejenak sambil makan perbekalan yang sudah kita bawa.

 

5. Bawa Turun Sampah

Tips yang Kali ini kita harus sadar dari diri kita sendiri, tujuan kita mendaki bukanlah untuk berfoto atau numpang eksis di puncak saja, tapi baggaimana juga harus bisa menjaga lingkungan kita, merawat lingkungan kita, tips kali ini bisa kita lakukan jika sesudah mendaki, saat perjalanan turun memang capek dan sudah terbayang – bayang oleh rumah kita. Tapi dengan kita membawa turun sampah kita, ataupun membawa kantong kresek / plastik besar untuk memungut dan membawa sampah ke bawah dan dibawa ke basecamp untuk di daur ulang ataupun dibuang. Dengan melakukan kegiatan ini, pasti kita akan semakin senang dan puas jika sesudah mendaki.

Banyak pelaaran yang bisa kita ambil saat pendakian, baik mematuhi peraturan, mengurus surat izin, mengatur fisik, ataupun membawa sampah dari atas. Tetapi apaun itu kita setidaknya sudah bisa ikut mencintai alam dan mempertahankan alam agar tetap hijau asri nan segar. Terima kasih dan Selamat Beristirahat.